Safitri, Ema Rusli (2019) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan metode struktural analitik sintetik (SAS) melalui media papan bergaris pada siswa kelas II semester II MI Ma'arif Blotongan Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Ema Rusli Safitri.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Safitri, Ema Rusli . 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Tema Merawat Hewan Dan Tumbuhan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantu Media Papan Bergaris Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Tegak Bersambung Struktural Analitik Sintetik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Tema Merawat Hewan Dan Tumbuhan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantu Media Papan Bergaris Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 20 siswa yaitu 14 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan masing-masing yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan Refleksi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik terdapat 50% (10 Siswa) yang memenuhi KKM, sedangkan 50% (10 Siswa) yang belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan Klasikal 65% ( 13 siswa ) sedangkan yang belum memenuhi KKM 35% ( 7 Siswa) dengan nilai rata-rata 60. Sedangkan pada siklus II Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% (17 Siswa) sedangkan yang belum memenuhi KKM sebesar 15% (3 siswa) dengan rata-rata 68,25. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 15%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 02:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 02:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5788 |
Actions (login required)
View Item |