Mafudhoh, Septi Arifatul (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) MELALUI CERITA FIKSI KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF ROWOSARI KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SEPTI ARIFATUL M. 23040150013.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Arifatul Mahfudhoh Septi. 2019. Peningkatan Kemampuan Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Melalui Cerita Fiksi Kelas V Semester II Mi Ma’arif Rowosari Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Belajar, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Ma’arif Rowosari. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita fiksi pada siswa kelas V MI Ma’arif Rowosari tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action reseach) yang terdiri dari dua siklus. Yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan masing-masing yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dapat meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM bahasa Indonesia yaitu 70 pada materi cerita fiksi pada siswa kelas V MI Ma’arif Rowosari tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode SQ3R 60% (18 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolahan yaitu 70, sedangkan 40% (12 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 76,67% (23 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 72,67, sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 93,33% (28 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 75,67. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,57%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Biografi dan Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 04:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 04:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5800 |
Actions (login required)
View Item |