Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Perairan Menggunakan Model Talking Stick dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V MI Tholabiyah, Krajon, Banyubiru, Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rahmawati, Dwi (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Perairan Menggunakan Model Talking Stick dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V MI Tholabiyah, Krajon, Banyubiru, Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
editing awal-akhir.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar IPS masih banyak yang dibawah standar yang ditetapkan dari sekolah, hal tersebut dipengaruhi faktor dari siswa dan guru, dilihat faktor dari siswa kurangnya minat belajar siswa, ditinjau dari aspek guru, guru menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa merasa bosan. Salah satu cara untuk mengatasi kasus tersebut penulis menerapkan model talking stick dan media gambar dalam pembelajaran IPS, dengan penggunaan model serta media tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Tholabiyah, Krajan, Tegaron, Banyubiru, Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, berdasarkan hasil tes awal penelitian tindakan ini didesain menjadi dua siklus dengan metode pengumpulan data (wawancara, observasi, kuesioner, studi dokumen) dan metode analisis data (metode kuantitatif dan kualitatif),siklus PTK terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Masing-masing siklus 2 jam pelajaran (2x35 menit). Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan pada dua siklus tindakan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model Talking Stick dan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni peningkatan nilai pra siklus (47,61%) 10 siswa yang tuntas, siklus I (66,67%) 14 siswa yang tuntas, dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan menjadi (90,47%) 19 siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya model Talking Stick dan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Tholabiyah, Krajan, Tegaron, Banyubiru, Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:12
Last Modified: 12 Sep 2019 04:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5802

Actions (login required)

View Item View Item