Eriyani, Desi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI ISTIQLAL NGADIMULYO KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI (DESI ERIYANI.PGMI.23040150128).pdf Download (5MB) |
Abstract
Eriyani, Desi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas IV MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah,S.Ag., M.Si. Kata Kunci: hasil belajar IPA, experiential learning, gaya Hasil belajar IPA di MI Istiqlal Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung masih rendah, terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif dalam melibatkan siswa, sehingga proses belajar mengajar belum optimal. Sehingga perlu adanya gaya belajar yang diubah menjadi Model Experiential Learning yang berbasis pengalaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung yang berjumlah 26 siswa meliputi 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempun. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MEL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Istiqlal Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 15% dan Siklus II ke Siklus III 23%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 54% siswa tuntas, belajar, Siklus II 69% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 92% siswa tuntas belajar. Guru memberikan remidiasi kepada 8% (2 siswa) yang tidak tuntas belajar mandiri berupa latihan-latihan atau remidi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 04:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 04:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5803 |
Actions (login required)
View Item |