PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pitaloka, Diyah (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DYAH PITALOKA_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pitaloka, Dyah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda melalui Strategi Active Knowledge Sharing dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Active Knowledge Sharing, Media Audio Visual Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Dukuh Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan kurang kreatif dan inovatifnya guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dan strategi yang digunakan guru dalam mengajar membuat siswa menjadi cepat bosan sehingga siswa kurang tertarik kepada materi yang diajarkan. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda melalui strategi Active Knowledge Sharing dengan media Audio Visual pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Salatiga yang berjumlah 18 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes, dan RPP. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi active knowledge sharing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Salatiga tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 22% dan Siklus I ke Siklus II 28%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 39% siswa tuntas belajar, Siklus I 61% tuntas belajar, dan siklus II 89% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 13:04
Last Modified: 12 Sep 2019 13:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item