PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI METODE EVERYONE IS A TECHER HERE PADA SISWA KELAS XI MIA 1 DI MADRASAH ALIYAH AL AZHAR ANDONG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

AFFAISANI, REZAL (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI METODE EVERYONE IS A TECHER HERE PADA SISWA KELAS XI MIA 1 DI MADRASAH ALIYAH AL AZHAR ANDONG TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Rezal .pdf

Download (5MB)

Abstract

Arfaisani, Rezal. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Menghindari Akhlak Tercela Melalui Metode Everyone Is A Teacher Here Kelas XI MIA 1 di MA Al Azhar Andong Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Progran Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M. Pd. Kata Kunci: Akidah Akhlak, Menghindari Akhlak Tercela, Metode Everyone Is A Teacher Here Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di MA Al Azhar pada pelajaran Akidah Akhlak. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah pendidik masih menggunakan metode konvensional dan kurangnya variasi metode pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi Menghindari Akhlak Tercela dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI MIA 1 di MA Al Azhar Andong tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas XI MIA 1 di MA Al Azhar Andong Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 di MA Al-Azhar Andong sebanyak 29 siswa. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor nilai setiap siklus yang beracuan pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80 dan ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar yang telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Menghindari Akhlak Tercela pada siswa kelas XI MIA 1 di MA Al Azhar Andong Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Everyone Is A Teacher Here hanya 9 siswa (31%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan masih ada 20 siswa (69%) yang belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 61,03. Selanjutnya pada siklus I terdapat 16 siswa (55%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan terdapat 13 siswa (45%) yang belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 75,17. Kemudian pada siklus II pada terdapat 27 siswa (93%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan terdapat 2 siswa (7%) yang belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 85,1. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasi untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas XI MIA 1 di MA Al-Azhar Andong Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:58
Last Modified: 12 Sep 2019 07:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5821

Actions (login required)

View Item View Item