PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TAJWID MELALUI METODE CARD SORT DI SMK PGRI 2 SALATIGA KELAS XI C TAHUN AJARAN 2018/2019

Mufidah, Ala Zulfatul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TAJWID MELALUI METODE CARD SORT DI SMK PGRI 2 SALATIGA KELAS XI C TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Ala.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mufidah, Ala Zulfatul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Melalui Metode Card Sort di SMK PGRI 2 Salatiga Kelas XI C Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Sri Suparwi, M. A Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Tajwid, Metode Card Sort Masalah pokok dalam penelitian ini adalah penerapan metode Card Sort dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Tajwid dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI C SMK PGRI 2 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI C di SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C di SMK PGRI 2 Salatiga sebanyak 18 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 77 dan terjadi peningkatan secara klasikal sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus yang prosentase keberhasilannya hanya 38,8% (7 siswa dengan nilai diatas KKM), setelah diterapkan metode card sort terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu menjadi 67% (12 siswa mencapai ketuntasan) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 33% (6 siswa), dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100% (18 siswa mencapai ketuntasan). Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Tajwid pada siswa kelas XI C di SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 14:58
Last Modified: 12 Sep 2019 14:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item