N.H, Khotimah Taufik (2019) MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Empirik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI YAYAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hidayah, Khotimah Taufik Nur. 2019. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Empirik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Imam Sutomo, M. Ag. Kata Kunci: Manajemen; Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. (2) Bagaimana kinerja guru di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga kependidikan dan peserta didik di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dengan jumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kepemimpinan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Plus Salatiga merupakan kepemimpinan yang efektif. Sifat kepala sekolah yang berintegritas, berjiwa besar, berkarisma, memiliki rasa empati yang tinggi, komunikatif, ramah, sopan, santun, optimis, memiliki etos kerja yang tinggi, pantang menyerah, pendengar yang baik dan luas dalam pergaulan menjadikan sebuah motivasi bagi bawahannya untuk meniru sifat tersebut. Pemberian motivasi secara kontinu oleh kepala sekolah kepada warga sekolah menjadi penyemangat tenaga pendidik. Gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan transformasional yang merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang dianggap paling efektif untuk diterapkan pada organisasi sekolah terutama dalam peningkatan kinerja organisasi. (2) Kepemimpinan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Plus Salatiga sangat mempengaruhi aspek kepribadian dan sosial guru. Hal ini di pengaruhi oleh keteladanan dan kontinuitas kepala sekolah dalam memberikan motivasi kepada guru. Guru harus menjadi seorang yang disiplin dan figur yang dikagumi, disegani, dan dijadikan motivasi peserta didik untuk terus maju, berkembang dan berprestasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 09:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 09:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5826 |
Actions (login required)
View Item |