Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perjuangan Melawan Penjajah Menggunakan Strategi Learning Start With A Queston Pada Siswa Kelas V Semester Ii Di Mi Ma’arif Global Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Masruroh, Shobilatul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perjuangan Melawan Penjajah Menggunakan Strategi Learning Start With A Queston Pada Siswa Kelas V Semester Ii Di Mi Ma’arif Global Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masruroh, Sabilatul, 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perjuangan Melawan Penjajah Menggunakan Strategi Learning Start With A Queston Pada Siswa Kelas V Semester Ii Di Mi Ma’arif Global Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Strategi Learning Start With A Question Pembelajaran mata pelajaran IPS di MI Ma’arif Global Blotongan kecamatan Sidorejo kota Salatiga menunjukkan hasil yang tidak memuaskan. Sebagian besar siswa menganggap mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mudah sehingga siswa menyepelekan mata pelajaran ini. Anggapan mudah tidak disertai dengan penguasaan materi yang baik sehingga nilai atau hasil belajar siswa kurang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang belum tuntas diatas KKM (65). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perjuangan melawan penjajah .dengan menggunakan Strategi learning start with a question pada siswa kelas V di MI Ma`arif Global Blotongan Kecamatan Siderejo Kota Salatiga. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti melakukan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan langkah-langkah Menyusun rencana, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada Pra siklus, siklus I dan siklus II adalah sebagai berikut, Pra siklus jumlah siswa yang tuntas 8 (40%) dan siswa yang belum tuntas 12 (60%) dengan rata-rata 59. Pada siklus I mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu 15 (75%) siswa dan 5 ( 25%) siswa yang belum tuntas dengan rata-rata 70, 75. Pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu jumlah siswa yang tuntas 18 (90%) dan 2 (10%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 74,75. Ketuntasan klasikal siklus II sebesar 90% sudah memenuhi syarat ketuntasan klasikal ? 85% sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 11:35
Last Modified: 13 Sep 2019 11:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item