Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi garis dan sudut melalui model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.

DEWI, TRIYANI SETYA (2019) Upaya peningkatan hasil belajar matematika materi garis dan sudut melalui model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa masih cenderung rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurang inovatif, dilihat dari faktor siswa yakni kurang minat dalam belajar, dan siswa merasa bosan karena pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Salatiga Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Untuk masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data dilaksanakan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar pada tiap siklus yang berpatokan pada KBM SMP Negeri 3 Salatiga yaitu 70 dengan menggunakan pedoman kriteria ketuntasan klasikal yakni . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil pra siklus sebelum diterapkan model pembelajaran Team Accelerated Instruction(TAI) hanya terdapat 23,33% (7 siswa) yang tuntas mencapai KBM, kemudian pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran Team Accelerated Instruction(TAI) meningkat menjadi 80% (24 siswa). Selanjutnya pada siklus II menjadi 90% (27 siswa) tuntas mencapai KBM. Dapat dilihat bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10%. Hasil data yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar yakni 70 sehingga penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:58
Last Modified: 13 Sep 2019 06:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5837

Actions (login required)

View Item View Item