PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PARAGRAF MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

P, Wahyu Anggi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PARAGRAF MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI GLOBAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Agustin, Wahyu Anggi Risma. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Paragraf Melalui Metode Cooperative Script Dan Media Puzzle Pada Peserta Didik Kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Peserta didiknta, M.Pd Kata Kunci : Hasil belajar Bahasa Indonesia, Metode Cooperative Script dan media puzzle Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Cooperative Script dan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis paragraf peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor yang terdiri dari 28 peserta didik yaitu 9 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 sesuai dengan KBM yang diberlakukan di MI Tarbiyatul Aulad Jombor sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script dan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis paragraf peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun 2019. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Cooperative Script hanya 13 peserta didik (46,42%) yang memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), sedangkan masih ada 15 peserta didik (53,57%) yang belum memenuhi KBM. Selanjutnya pada siklus I ada 19 (67,85%) peserta didik memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dan ada 9 peserta didik (32,14%) belum memenuhi KBM. Kemudian, pada siklus II atau siklus terakhir ada 26 peserta didik (92,85%) memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dan hanya ada 2 peserta didik (7,14%) yang belum tuntas dari KBM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 14:25
Last Modified: 13 Sep 2019 14:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5842

Actions (login required)

View Item View Item