Fitriyah, Niswatul (2019) PENERAPAN METODE DONGENG DAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 MATERI “MENENTUKAN TOKOH CERITA FIKSI” PADA SISWA KELAS IV MI DARUSSALAM SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI NISWA GLOBAL .pdf Download (4MB) |
Abstract
Fitriyah, Niswatul. 2018. Penerapan Metode Dongeng dan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tema 8 Dalam Materi “Menentukan Tokoh Cerita Fiksi” Pada Siswa Kelas IV MI Darussalam Sumowono Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar. Metode dongeng. Media Papan Flanel. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 8 materi menentukan tokoh dalam cerita fiksi menggunakan metode dongeng dan media papan flanel pada siswa kelas IV semester 2 MI Darussalam Sumowono tahun 2019. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa dan terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan pengumpulan data tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 8 Subtema 1 materi menentukan tokoh dalam cerita fiksi siswa kelas IV MI Darussalam Sumowono Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode dongeng dan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar Tema 8 Subtema 1 materi menentukan tokoh dalam cerita fiksi siswa kelas IV MI Darussalam Sumowono Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dibuktikan dari data per siklusnya, hasil pra siklus hanya 10 siswa (62,5%) yang tuntas KBM, sedangkan 6 siswa (37,5%) belum tuntas KBM. Selanjutnya pada siklus I 11 siswa (68,75%) yang tuntas KKM dan 5 siswa (31,25%) belum tuntas KBM dengan nilai rata-rata kelas 70,0. Diperoleh peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,25%. Pada siklus II 15 siswa (93,75%) tuntas KBM dan 1 siswa (6,25%) belum tuntas KBM dengan nilai rata-rata 78,4. Diperoleh peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 25%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 14:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 14:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5843 |
Actions (login required)
View Item |