PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NONFIKSI MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT PADA KELAS V MIN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anggraeni, Silvia Inta (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NONFIKSI MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT PADA KELAS V MIN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Silvia Intan. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Melalui Metode Team Game Tournament pada Kelas V MIN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci : hasil belajar, metode Team Game Tournament, teks nonfiksi. Rendahnya hasil belajar siswa diduga karena materi yang sulit dipahami dan guru menggunakan metode yang monoton sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, berbagai model dan metode pembelajaran pun semakin banyak dan bervariasi. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode Team Game Tournament (TGT). Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah metode Team Game Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi Teks Nonfiksi pada siswa kelas V di MIN 1 Semarang? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V MIN 1 Semarang dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 laki – laki dan 11 perempuan. Data yang diperoleh yaitu berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia yang didapat dari tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kajian ini menunjukan bahwa : Metode Team Game Tournament (TGT) merupakan pembelajaran dengan cara penyajian, dimana siswa melakukan permainan yang dirancang layaknya pertandingan agar siswa dapat terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang materi Teks non Fiksi di kelas V MIN 1 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pra siklus rata – rata siswa 66,19 (43%), pada siklus I menjadi 70,95 (62%), dan pada siklus II menjadi 93,33 (90%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2019 05:34
Last Modified: 14 Sep 2019 05:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item