Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Menggunakan Strategi Quick On The Draw dan Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas V di MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan

Setyowati, Rini (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Menggunakan Strategi Quick On The Draw dan Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas V di MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rini Setyowati 23040150020 new.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setyowati, Rini. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Menggunakan Strategi Quick On The Draw Dan Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas V Di MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Strategi Quick On The Draw, Permainan Monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat menggunakan strategi quick on the draw dan permainan monopoli pada siswa kelas V MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan melalui dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat pada siswa kelas V MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa strategi quick on the draw dan permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat pada siswa kelas V MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan tahun Pelajaran 2018/2019. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 14 siswa (60,86%), siklus II ketuntasan siswa sebanyak 21 siswa (91,30%), sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan melebihi KKM klasikal yaitu 85

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2019 14:52
Last Modified: 14 Sep 2019 14:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item