Peningkatan hasil belajar IPS materi sejarah uang dan penggunaannya melalui strategi peer lessons dan media flanel board pada siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2018/2019

Sofiana, Ana (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi sejarah uang dan penggunaannya melalui strategi peer lessons dan media flanel board pada siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sofiana, Ana. 2019. Peningkatan hasil belajar IPS materi sejarah uang dan penggunaannya melalui strategi peer lessons dan media flanel board pada siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar; IPS peer lessons; flanel board Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan strategi peer lessons dan media flanel board dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah uang dan penggunaannya pada siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2018/2019. jemis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga tahun ajaran 2018/2019. dikelas tesebut terdapat 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,dokumentasi, tes dan wawancara. hasil peneliti menunjukkan bahwa penggunaan strategi peer lessons dan media flanel board dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal tersebut bisa dilihat dari hasil setiap siklusnya. mulai dari pra-siklus sampai siklus II. dari data nilai pra-siklus diperoleh nilai rata-rata 53,6 dan presentase 39,1%, pada siklus I diperoleh 13 siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 55,3 dan presentase 56,5%, dan pada siklus II diperoleh 20 siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 81,7 dan presentase 86,9%. dengan demikian, ketuntasan belajar siswa kelas III MI Ma'arif Kutowinangun Salatiga dalam pembelajaran IPS materi sejarah uang dan penggunaannya dengan menggunakan strategi peer lessons dan media flanel board mencapai lebih dari 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 05:36
Last Modified: 16 Sep 2019 05:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item