EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs AL-USWAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Mahfudz, Ahmad Zaini (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs AL-USWAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi + Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Mahfudz, Ahmad Zaini. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTs Al-Uswah Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas, STAD, media pembelajaran berbasis komputer, getaran dan gelombang dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division (STAD) menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi getaran dan gelombang untuk meningkatkan hasil belajar IPA, (2) karakteristik model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division (STAD) menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Control Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Uswah Bergas tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian ini sejumlah dua kelas dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division (STAD) menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengambil data prestasi pengetahuan sedangkan teknik nontes digunakan untuk memperoleh data prestasi sikap dan ketrampilan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji T serta uji statistik parametrik berbantuan aplikasi SPSS versi 22.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division (STAD) menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi getaran dan gelombang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al Uswah Bergas 2018/2019 berdasarkan perhitungan dalam uji hipotesis dengan uji Paired Sample T-test menggunakan program SPSS 22.0 menunjukan P value dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sebesar 0,000 serta nilai r hitung > t tabel sebesar (31,439 > 2,035). (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Division (STAD) menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer memiliki karakteristik dalam meningkatkan hasil belajar berdassarkan peningkatan melalui uji angket atau kuisioner dan lembar observasi kelas eksperimen pada interval tinggi dan interval sangat tinggi sejumlah 2 point.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:09
Last Modified: 16 Sep 2019 10:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item