M, Fitra Ganjar. (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII DI SMP N 21 PURWOREJO TAHUN PELAJARNAN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FITRA GANJAR MARGIYANI .pdf Download (1MB) |
Abstract
Margiyani, Fitra Ganjar. 2019. Strategi Guru PAI dalam Melatih Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VIII di SMP N 21 Purworejo Tahun Pelajaran 2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Dra. Sri Supari, MA. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kecerdasan Emosi. Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam melatih kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP N 21 Purworejo tahun pelajaran 2019. Adapun fokus permasalahan yang penulis teliti, sebagai berikut: (1) bagaimana kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP N 21 Purworejo tahun pelajaran 2019. (2) bagaimana strategi guru PAI dalam melatih kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP N 21 Purworejo tahun pelajaran 2019. (3) apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam melatih kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP N 21 Purworejo tahun pelajar 2019. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Data akan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan urutan pertama pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Tahap terakhir ini yaitu keabsahan data dengan menggunakan kekuatan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosi yang dimiliki siswa yaitu siswa mampu mengenali emosi diri, mengenali pengaturan emosi dirinya, mampu mengeli motivasi diri sendiri dan orang lain, mempunyai rasa empati yang tinggi serta mampu menggunakan keterampilan sosialnya dengan baik. 3) strategi guru PAI dalam melatih kecerdasan emosi melaui berbagai cara yang meliputi kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, kecakapan dalam membina hubungan sosial. Selain itu guru PAI mempunyai cara tersendiri yaitu dengan cara guru memberikan contoh yang baik kepada siswa, memberikan nasehat, saling menghormati dan menjaga antar sesama teman. 2) faktor yang mendukung dalam melatih kecerdasan emosi siswa: dukungan dari pihak guru, kesadaran siswa, kegiatan siswa yang berpotesi positif. Faktor yang menghambat guru PAI dalam melatih kecerdasan emosi siswa: latar belakang anak, minimnya jam belajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai, keluarga, lingkungan pergaulan, kurangnya kesadaran anak dalam berempati dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 11:40 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 11:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5866 |
Actions (login required)
View Item |