PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II MI ISLAMIYAH KARANGPAKEL, KLEGO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nugraheni, Anna Fista (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II MI ISLAMIYAH KARANGPAKEL, KLEGO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Anna Fista Nugraheni_11510030.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas II MI Islamiyah Karangpakel kec. Klego Kab. Boyolali masih tergolong rendah.oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Media pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan menggunakan media gambar berseri. Media gambar berseri merupakan media yang memudahkan siswa untuk menuliskan sebuah kata, kalimat, atau narasi. Dengan media gambar siswa akan mudah untuk ceritakan isi gambar tersebut, imajinasi mereka akan mengalir ketika gambar tersebut dapat mereka pahami dan mereka mampu menuangkan buah pikiran kedalam tulisan melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap dan jelas. Pertanyaan yang ingin dijawab apakah penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada kelas II MI Islamiyah Karangpakel Kec. Klego Kab. Boyolali. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data maka kesimpulkan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi menulis narasi menggunakan media gambar berseri di MI Islamiyah Karangpakel Kec. Klego Kab. Boyolali. Terbukti pada siklus I dari 20 siswa baru 6 (30%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II 11 siswa (55%) yang t elah mencapai nilai KKM dan siklus III tercatat 17 siswa (85%) siswa telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:22
Last Modified: 26 Feb 2016 07:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item