Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur'an Di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur'an (PTQ) Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Dewi, Erlina Rahmawati (2019) Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur'an Di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur'an (PTQ) Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Erlina Rahmawati Dewi (23040-15-0021).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Erlina Rahmawati. 2019. Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Kota Salatiga Tahun 2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tahfizh Al-Qur’an Pembelajaran tahfizh al-qur’an di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Salatiga adalah untuk melahirkan hafizh-hafizhah al-qur’an yang berprestasi, berkarakter, berwawasan kebangsaan, dan berkepribadian qur’ani, terampil dan mandiri yang mampu mengantarkan peserta didik untuk memiliki hafalan al-qur’an sebanyak 10 juz. Guna mencapai tujuan tersebut sekolah memiliki berbagai macam metode pembelajaran tahfizh al-qur’an yang dapat mempermudah siswa dalam menghafal al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh al-qur’an dan faktor pendukung, penghambat pembelajaran tahfizh al-qur’an di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, dan sumber sekunder yakni hasil wawancara orang tua wali dan observasi SD PTQ Annida. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran tahfizh al-qur’an di SD Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Salatiga bermacam-macam, meliputi metode tilawah (belajar membaca al-qur’an), ziyadah (menambah hafalan baru) dengan menggunakan metode al-qosimi, muroja’ah (mengulang ulang hafalan lama) dan imtihan (ujian mengulang hafalan). Faktor penghambat pembelajaran tahfizh al-qur’an adalah usia yang belum matang, daya tangkap siswa yang berbeda-beda, faktor kemauan dari anak yang kurang, belum bisa baca tulis al-qur’an, tidak bisa mengatur waktu ketika menghafal dirumah, sifat malas yang ada pada siswa, kurangnya perhatian dari orang tua. Faktor pendukung pembelajaran tahfizh al-qur’an di SD Plus Tahfizhul Qur’an (PTQ) Annida Salatiga adalah tersedianya tenaga pendidik yang memadai, adanya target hafalan yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai, memiliki program pembelajaran BTAQ, memiliki program POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru), memberikan PR muroja’ah kepada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 18:19
Last Modified: 16 Sep 2019 18:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item