PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN ALAT PERAGA RODA PUTAR KELAS V SEMESTER 1 MI AL-MAHMUD KUMPULREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Faridhotun, Umik (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN ALAT PERAGA RODA PUTAR KELAS V SEMESTER 1 MI AL-MAHMUD KUMPULREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_compressed.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Faridhotun, Umik. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Dengan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Roda Putar Kelas V Semester 1 Di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag.,M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Demonstrasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi interaksi manusia dengan lingkungan dengan metode demonstrasi dan alat peraga roda putar kelas V semester I Mi Al-Mahmud Kumpulrejo kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini termasuk PTK, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Permasalahan tersebut dibahas melalui 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Penelitian ini bahwa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Roda Putar Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas V Semester I MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa metode demonstrasi dengan alat peraga roda putar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V Semester I MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dibuktikan dari data per siklus, hasil belajar siswa pada Pra Siklus yang tuntas sebanyak 9 siswa (28%) yang tuntas KKM, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 23 siswa (72%) dengan rata-rata 42,66%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (75%), sedangkan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau (25%) dengan rata-rata 78,30%. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan dengan siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (94%), sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (6%) dengan rata-rata 89,7%. Jadi pada pra siklus yaitu 28% lalu ke siklus I sebanyak 78%, dan meningkat 16% dari siklus I ke siklus II menjadi 94%. Maka siklus dihentikan dan dinyatakan berhasil dengan presentase siklus II 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 11:09
Last Modified: 17 Sep 2019 11:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item View Item