IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN IPS DI MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KHASANAH, DEWI NUR (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN IPS DI MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEWI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Khasanah, Dewi Nur. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Jurusan IPS di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak dan Membentuk Karakter. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas X jurusan IPS di MAN Purworejo. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas X jurusan IPS di MAN Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas X juusan IPS di MAN Purworejo adalah dengan kegiatan kelas yang bersifat rutin, kegiatan spontan, keteladan dalam kelas, pengkondisian kelas, dan sistem reward and punishment. Implementasi nilai pendidikan akhlak juga diwujudkan dengan pemberian nasihat dan motivasi yang dilakukan oleh masing-masing wali kelas kepada siswa. Kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami juga sering diadakan untuk membentuk karakter siswa, seperti ceramah keagamaan setiap seminggu sekali dengan menggunakan speaker center. Nilai pendidikan akhlak yang dikembangkan ini berkonsep kepada ajaran agama Islam, unggah-ungguh dan budaya Jawa, visi dan misi madrasah, serta tata tertib yang dibuat madrasah. 2) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu faktor bawaan dari dalam diri siswa yang berupa kecenderungan, bakat, dan akal. Sedangkan faktor dari luar diantaranya adalah adanya visi dan misi madrasah, kebijakan dari guru, kegiatan yang sudah terprogram dan terencana, kredit poin pelanggaran yang sudah ada di madrasah, kekompakan dan kerja sama dari semua sivitas akademik, sarana dan prasarana, kekeluargaan dari semua anggota atau warga madrasah seperti kepala madrasah, siswa, guru, komite, keamanan, serta lingkungan madrasah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor pergaulan, perbedaan budaya masyarakat, ketidakdisiplinan siswa, dan kurangnya perhatian dari keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 11:26
Last Modified: 17 Sep 2019 11:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5893

Actions (login required)

View Item View Item