Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa Kelas X MIPA MAN Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Vektor.

Mukhibin, Ahmad (2019) Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Pendekatan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa Kelas X MIPA MAN Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 Pada Materi Vektor. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Jadi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Memasuki abad ke- 21, keterampilan yang dibutuhkan begitu kompleks, salah satunya adalah kemampuan berfikir kritis. Dengan kemampuan ini memungkinan individu untuk selalu berfikir berdasarkan data dan fakta yang ada. Selain menekankan pada aspek kognitif, abad 21 juga menekankan pada aspek afektif, salah satunya adalah keyakinan diri individu terhadap kemampuan yang dimilikinya atau yang disebut self-efficacy. Seseorang dengan self-efficacy rendah cenderung akan mempersepsikan sesuatu lebih sulit dari kenyataannya. Hal ini menyebabkan individu mudah mengalami stress dan depresi. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran dengan pendekatan yang berbeda agar siswa memiliki bekal berupa kompetensi untuk menghadapi abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian berupa Pretest – Posttest Control Group Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 MAN Salatiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan berfikir kritis dan angket self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran think pair share dengan pendekatan problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan berfikir kritis dan self-efficacy siswa kelas X MIPA MAN Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 pada materi vektor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji One Sample t Test rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran model think pair share dengan pendekatan problem based learning telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 76,06 untuk kemampuan berfikir kritis dan 62,08 untuk self-efficacy, (2) hasil uji Independent Sample t Test diperoleh nilai signifikansi 0,006 untuk kemampuan berfikir kritis dan 0,035 untuk self-efficacy, (3) rata-rata skor N-Gain kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,63 lebih dari rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 0,50 dan pada rata-rata skor N-Gain self-efficacy siswa kelas eksperimen sebesar 0,36 lebih dari siswa kelas kontrol sebesar 0,23. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dengan pendekatan problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan berfikir kritis dan self-efficacy siswa kelas X MIPA MAN Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 pada materi vektor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:37
Last Modified: 17 Sep 2019 04:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item