PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 MI GONDORIYO BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Arinta, Desty (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MEDIA VIDEOSCRIBE PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 MI GONDORIYO BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Desty Arinta PGMI (23040150132)_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arinta, Desty.2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Dengan Model Mind Map Dan Media Videoscribe Pada Siswa Kelas IV Semester 2 MI Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, S.Ag, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Mind Map dan Media Videoscribe Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Kegiatan ekonomi melalui Model Mind MapdanMedia Videoscribe pada siswa kelas IV semester 2 MI Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 23 siswa yaitu 13 siswa laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dengan dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV semester 2 MI Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitain dapat menunjukan bahwa Model Mind Map dengan Media Videoscribedapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 MI Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan masing-masing siklus, hasil pra siklus menunjukan siswa yang tuntas KKM hanya 8 siswa (34.78%) sedangkan yang belum tuntas KKM 15 siswa (65.21%)dengan rata-rata 61.74. Ada peningkatan pada siklus I yaitu 11 siswa (47.82%) yang tuntas KKM sedangkan yang belum tuntas KKM 12 siswa (52.18%) dengan rata-rata 70.43. pada siklus II yang tuntas KKM 21 siswa (91.3%) sedangkan yang belum tuntas KKM 2 siswa (8.7%) dengan rata-rata 80.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 11:35
Last Modified: 17 Sep 2019 11:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item