F, Ahmad aesal (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III DI MIN 11 BOYOLALI KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ACHMAD FAISAL F.P-compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Putra, Achmad Faisal Febri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas III di MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Eksperimen. Pembelajaran IPA di MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali belum menggunakan metode pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru terutama materi energi dan perubahannya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas III di MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya melalui metode eksperimen pada siswa kelas III pada siswa kelas III di MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas III A MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen penelitian ini meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persenntase, apabila > 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III di MIN 11 Boyolali Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 20 % dan siklus II ke siklus III adalah 17%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 50% siswa yang tuntas belajar, siklus II 70 % siswa yang tuntas belajar, dan siklus III 87% siswa yang tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus III akan diberikan tindakan secara khusus berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 13:35 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 13:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5902 |
Actions (login required)
View Item |