Widayati, Nanik (2019) RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PETUALANGAN SHERINA KARYA JUJUR PRANANTO UNTUK ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Widayati, Nanik.2018.RelavansiPendidikanKarakterDalam Film PetualanganSherinaKaryaJujurPranantoUntukAnak Madrasah Ibtidaiyah.Skripsi. Program studiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam NegeriSalatiga.Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci :Nilai-nilaiPendidikanKarakter Tujuan yang hendakdicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahuinilai-nilaipendidikankarakterdalam film PetualanganSherinasertarelevansinilai-nilaipendidikankarakterdalam film PetualanganSherinadengananak Madrasah Ibtidaiyah. Penelitianiniadalahjenispenelitiandeskriptifyaitu yang dirmaksudkanuntukmembuatpencandraan (deskripsi) mengenaisituasi-situasiataukejadian-kejadian.Dalamartianpenelitiandeskriptifadalahakumulasi data dasardalamcaradeskriptifsemata-matatidakperlumencariataumenerangkansalinghubungan, mengujihipotesis, membuatramalan, ataumendapatkanmaknadanimplikasiwalaupunpenelitian yang bertujuanuntukmenemukanhal-haltersebutdapatmencakupjugametode-metodedeskriptif. Pengumpulan data di bagimenjadiduasumberyaitu data primer dansekunder, data primer adalah data yang diambildari film PetualanganSherinakaryaJujurPranantosedangkan data sekunderadalah data yang diambildarisumber-sumber yang lain dengancaramenganalisisbuku-buku, internet daninformasilainnya yang berhubungandenganjudulpenelitianskripsi. Analisis yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisisi(content analysis).Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenulisaniniadalahdokumentasi. Dari hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: 1) Nilai-nilaipendidikankarakter yang adadalam film PetualanganSherinakaryaJujurPranantoyaitu: pendidikankarakterberhubungandenganTuhan YME, pendidikankarakterberhubungandengandirisendiri, pendidikankarakterhubungannyadengansesama, pendidikankarakterhubungandengan lingkungan.2) Karakteristiktokohutamadalam film PetualanganSherinakaryaJujurPranantotersebutadalahSherinadanSadam, merupakantokohutama yang pemberani, optimis, dansukamenolongsesama, sedangkanSadammerupakantokoh yang nakaldanpemarah. 3) Nilai-nilaipendidikankarakterdalam film PetualanganSherinasangatrelevandenganpendidikananak di Madrasah Ibtidaiyahkarenarelevansinilai-nilai yang sesuaidenganoutputpendidikankarakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 14:04 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 14:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5907 |
Actions (login required)
View Item |