UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII B SMP ISLAM AL MABRUR PEJAWARAN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nafisah, Ati Katun (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII B SMP ISLAM AL MABRUR PEJAWARAN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ATI KATUN NAFISAH PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nafisah, Ati Katun. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data melalui Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas VII B SMP Islam Al Mabrur Pejawaran Banjarnegara Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Penyajian Data dan Number Head Together (NHT). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar matematika siswa kelas VII B di SMP Islah Al Mabrur Pejawaran Banjarnegara. Nila rata-rata kelas VII B ini pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah yakni 56,54. Hal ini dikarenakan siswa kelas VII B masih tergolong lemah dalam menghitung cepat matematika. Siswa kelas VII B untuk menghitung juga susah dan juga berlatih soal juga jarang. Persiapan siswa untuk pembelajaran matematika juga tidak ada sehingga membuat siswa susah untuk menyerap materi. Selain itu, model pembelajaran yang dilakukan di kelas belum menunjang Kurikulum 2013. Metode yang digunakan masih banyak menggunakan metode ceramah dan diskusi. Penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat dijadikan solusi dari permasalahan di atas. Hal ini karena model pembelajaran Number Head Together (NHT) merupakan salah satu tipe dari model pembellajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2019 dan siklus II pada tanggal 17 Mei 2019. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VII B SMP Islam Al Mabrur Pejawaran Banjarnegara dengan jumlah siswa 26 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada siswa kelas VII B SMP Islam Al Mabrur Pejawaran Banjarnegara dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data. Peningkatan siswa yang tuntas belajar ini dapat dilihat dari siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 42,31% dan yang belum tuntas 15 siswa atau 57,69% dengan rata-rata kelas 58,65, siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa atau 88,46% dan yang belum tuntas 3 siswa atau 11,54% dengan rata-rata kelas 76,73. Kriteria ketuntasan kelas tercapai pada siklus II dengan persentase ketuntasannya 88,46%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 15:22
Last Modified: 17 Sep 2019 15:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item