Tasdiqoh, Nanik (2019) PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS X SMA N 1 SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
publikasi skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tasdiqoh, Nanik. 2019. Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas X SMA N 1 Suruh Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua dan Prestasi Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada beberapa rumusan masalah yakni ingin mengetahui seberapa besar pengaruh: 1) tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI, 2) Perhatian Orang Tua terhadap prestasi belajar PAI, 3) tingkat kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa kelas X SMA N 1 Suruh tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subjek Penelitian dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, teknik pengumpulan sampelnya menggunakan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI dengan nilai thitung sebesar 2,375 dengan signifikansi 0,023 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,235, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI dengan nilai thitung sebesar 4,941 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,326, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa kelas X SMA N 1 Suruh tahun pelajaran 2018/2019 dengan nilai fhitung sebesar 21,374 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi simultan (R2 ) tingkat kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa kelas X SMA N 1 Suruh tahun pelajaran 2018/2019 sebesar 0,536 atau 53,6%. Hal ini berarti 53,6% prestasi belajar PAI dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan emosional dan perhatian orang tua, sedangkan sisanya 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 06:06 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 06:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5928 |
Actions (login required)
View Item |