Nuraini, Desi (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT -SIFATNYA BAGI SISWA KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF PULUTAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Desi Nuraini_11511024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pendidikan telah diupayakan melalui peningkatan kualitas tenaga pendidik, pengelolaan satuan pengajaran dan pemanfaatan pembelajaran yang digunakan. Namun kenyataannya belum memperlihatkan hasil yang optimal. Kondisi ini disebabkan kurang efektifnya pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang berakibat ketidaknyamanan siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat -sifatnya bagi siswa kelas V semester II MI Ma’arif Pulutan Sidorejo Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015? Apakah penerapan pendekatan SAVI dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya bagi siswa kelas V semester II MI Ma’arif Pulutan Sidorejo Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifa t-sifatnya pada siswa kelas V semester II MI Ma’arif Pulutan Sidorejo Salatiga tahun pelajaran 2014/2015 dibuktikan dengan prosentase peningkatan pada prasiklus sebanyak 3 siswa atau sebesar 15%, siklus I sebanyak 8 siswa atau sebesar 40%, siklus II sebanyak 15 siswa atau sebesar 75% dan siklus III sebanyak 18 siswa atau sebesar 90%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA sebanyak 15 siswa atau sebesar 75%; dan pendekatan SAVI dapat memenuhi target pencapaian KKM mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya dari rata-rata pra siklus 43, siklus I sebesar 59,75, siklus II sebesar 72,5, dan siklus III sebesar 83,5, serta dapat melampaui KKM sebesar 65.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 02:16 |
Last Modified: | 29 Feb 2016 02:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/593 |
Actions (login required)
View Item |