Analisis Terhadap Pemikiran Hamka Tentang Konsep Etika Guru Dan Murid

Ulfa, Ani Maskhanatul (2019) Analisis Terhadap Pemikiran Hamka Tentang Konsep Etika Guru Dan Murid. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Analisis Terhadap Pemikiran Hamka Tentang Konsep Etika Guru Dan Murid - Ani Maskhanatul Ulfa.pdf

Download (982kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa, Ani Maskhanatul. 2019. Analisis Terhadap Pemikiran Hamka Tentang Konsep Etika Guru Dan Murid. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M. Ag. Kata Kunci: Etika, Guru, Murid Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pemikiran Hamka tentang konsep etika guru dan murid. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah biografi Hamka, analisis pemikiran Hamka tentang konsep etika guru dan murid, relevansi pemikiran Hamka tentang konsep etika guru dan murid, implikasi etika terhadap keberhasilan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature (kepustakaan). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang bersangkutan dengan skripsi ini. Pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep etika guru dan murid menurut Hamka yaitu: mengakui kelebihan gurunya dan menghormatinya, Jangan diringankan pergaulan dengan guru, Hadapi majelis guru dengan penuh khusyu’, Jangan di jawab sebelum ditanya, Jangan tertawa dengan tidak ada sebab, jangan pula besenda gurau. Kemudian etika seorang guru menurut Hamka meliputi: Berlaku adil dan obyektif pada setiap peserta didiknya, Memelihara martabatnya dengan akhlak al-karimah, Menyampaikan seluruh ilmu yang dimiliki, Hormati keberadaan peserta didik sebagai manusia yang dinamis dengan memberikan kemerdekaan kepada mereka untuk berpikir, berkreasi, berpendapat, dan menemukan berbagai kesimpulan lain. Memberikan ilmu pengetahuan sesuai dengan tempat dan waktu, mengikuti perkembangan dan kemajuan, Tidak menjadikan upah atau gaji sebagai alasan utama dalam mengajar peserta didik. Relevansi pemikiran Hamka tentang konsep etika guru dan murid sangat relevan jika diterapkan dan dapat menjadi solusi dalam memperbaiki etika anak di zaman sekarang. Implikasi pemikiran Hamka tentang konsep etika guru dan murid yaitu perlu diadakan sosialisasi tentang pemikiran Hamka tentang etika bagi guru dan murid. Sehingga melahirkan generasi yang memiliki etika yang kuat baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 10:22
Last Modified: 18 Sep 2019 10:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item