KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI GENERASI MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2018

Ni''mah, Chusnu ''Ainin (2019) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI GENERASI MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL SIAP CETAK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ni’mah, Chusnu ‘Ainin. 2019. Konsep Pendidikan Akhlak Santri Generasi Milenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga Tahun 2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono M.Pd. Kata Kunci: Konsep, Pendidikan Akhlak, Milenial, Santri, Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak dalam meningkatkan prestasi santri generasi milenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga tahun 2018. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan Akhlak santri generasi milenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga tahun 2018 ? 2) Bagaimana kurikulum konsep pendidikan ahklak santri generasi melenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga tahun 2018 ? 3) Bagaimana keberhasilan konsep pendidikan akhlak santri generasi milenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga tahun 2018 ? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengguakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yakni hasil wawancara dengan pengasuh, ustadzah, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga, dan sumber data sekunder yakni berupa foto-foto kegiatan pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep pendidikan akhlak santri generasi milenial pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga antara lain: dengan metode, (a) mengadakan pengajaran kitab akhlak di kelas-kelas ngaji (b) teladan (c) nasehat (d) ganjaran dan hukuman. dan (e) pembiasaan (2) Kurikulum konsep pendidikan akhlak santri generasi milenial pada pondok pesantren tarbiyatul islam al-falah salatiga yaitu:. pondok pesantren mengadakan ekstrakurikuler keahlian minat santri untuk menjadi bekal saat sudah terjun kemasyarakat seperti: (a) Unit perkembangan santri, (b) Unit kegiatan santri. (c) Badan usaha milik pesantren. (3) Konsep pendidikan akhlak yang diterapkan sudah berhasil dengan adanya indikator keberhasilan seperti: (a) semangat beribadah mahdloh maupun ghairu mahdloh. (b) aktif mengikuti kegiatan pondok pesantren. (c) berakhlak baik. (d) mampu membaca Al-Qur’an dan kitab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 10:53
Last Modified: 18 Sep 2019 10:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5934

Actions (login required)

View Item View Item