Implementasi Nilai-nilai Toleransi pada Aktivis Seksi Kerohanian Islam (SKI) di SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Nisa', Izzatin (2019) Implementasi Nilai-nilai Toleransi pada Aktivis Seksi Kerohanian Islam (SKI) di SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IZZATIN NISA'(23010150220).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nisa’, Izzatin. 2019. Implementasi Nilai-nilai Toleransi pada Aktivis Seksi Kerohanian Islam (SKI) di SMA Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Toleransi, Aktivis, dan Kerohanian Islam Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menggali informasi mengenai gambaran implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis SKI di SMA Negeri 1 Bringin 2) mengetahui bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis seksi kerohanian Islam (SKI) di SMA Negeri 1 Bringin 3) mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis seksi kerohanian Islam (SKI) di SMA Negeri 1 Bringin. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui sudut pandang dari warga sekolah berkaitan dengan implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis seksi kerohanian Islam (SKI), sedangkan data tambahan berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis SKI diantaranya a) memberikan kebebasan dalam pembentukan karakter cinta damai melalui lagu nasionalime. b) memberi kebebasan dalam menjalankan perintah agama sesuai dengan keyakinan masing-masing. c) memberi kebebasan dalam berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. d) memberikan kebebasan dalam mengikuti kegiatan Kerohanian Islam. e) tidak membeda-bedakan para aktivis organisasi yang ada di sekolah. 2) Bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis SKI dikategorikan menjadi a) sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain dalam bingkai acara peringatan hari besar agama. b) memberikan kesempatan yang sama dalam melaksanakan kerohanian agama. c) Mengucapkan selamat hari raya kepada pemeluk agama lain. d) terbentuknya kepanitiaan bersama para aktvis organisasi dalam kegiatan di sekolah tanpa memandang status agama. e) peduli dan tolong menolong terhadap warga di sekolah tanpa memandang status agama dan sosial. 3) Faktor pendorong implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis SKI yaitu a) Faktor internal berupa memahami Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, dorongan dari lembaga sekolah untuk senantiasa menjaga kerukunan antara guru dan siswa, dan dukungan dari sekolah dalam perayaan hari besar umat beragama. Sedangkan faktor penghambat implementasi nilai-nilai toleransi pada aktivis SKI yaitu a) dari guru dansiswa meliputi permasalahan perbedaan pendapat terhadap kegiatan rohis. b) sarana dan prasarana yaitu kurangnya fasilitas tempat untuk menunjang kegiatan kerohanian Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 13:35
Last Modified: 18 Sep 2019 13:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item