PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MATERI MAKANAN HALAL DAN BAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/201

Nurdianty, Erika Khusnul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS MATERI MAKANAN HALAL DAN BAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/201. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi pdf erikaaa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurdianty, Erika Khusnul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Al Qur?an Hadits Materi Makanan Halal dan Baik dengan Menggunakan Metode Student Team Achivement Division pada Siswa Kelas XI MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Progam Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Siti Rukhayati, M. Pd Kata kunci : hasil belajar, Student Team Achivement Divsion (STAD), al qur?an hasist Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Al Qur?an HADITS materi makanan yang halal dan baik dengan menggunakan metode Student Team Achivement Division (STAD) pada siswa kelas XI Keagamaan 2 Di MAN 2 Semarang. Rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan metode Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur?an Hadits materi makanan halal dan baik pada siswa kelas XI MAN 2 Semarang? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belar Al Qur?an Hadits materi makanan yang halal dan baik pada siswa kelas XI Keagamaan 2 MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan ketuntasan belajar yang signifikan dari dua siklus yang telah dilaksanakan. Indikasinya adalah kenaikan presentase ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas KKM. Peningkatan pada prasiklus sebanyak 15 siswa atau sebesar 71%, siklus I sebanyak 20 atau sebesar 74%, dan siklus II sebanyak 30 atau 85%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Qur?an Hadits materi makanan yang halal dan baik pada siswa kelas XI Keagamaan 2 MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 14:15
Last Modified: 18 Sep 2019 14:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item