Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019

Gallish, Naktan Nissa Mitza (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Gallish, Niktan? Nissa Mitza. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si Kata Kunci: Upaya guru, keulitan belajar, dan pembelajaran PAI Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar pada pembelajaran PAI, (2) bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran PAI, (3) serta pendukung dan penghambat guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran PAI pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Salatiga. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumntasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, penyebab kesulitan belajar siswa dari interen yaitu pemahaman siswa yang kurang, minat siswa yang kurang, kurang dapat memanfaatkan waktu untuk belajar, kurang motivasi. Sedang eksternal mengajar guru yang kurang dapat menggunakan metode yang tepat, kurang perhatian orang tua, media massa, teman-teman yang kurang mendukung siswa. Kedua, upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu: (1) memanfaatkan teknologi, (2) menjadi fasilitator, (3) menjadi teladan yang baik, (4) pembelajaran yang menyenangkan, (5) memberikan motivasi. Ketiga, pendukung dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu sarana dan prasarana yang lengkap, dan suasana yang membuat nyaman siswa juga menjadi salah satu pendukung dalam proses pembelajaran selama di sekolah. Sedangkan penghambat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa minat siswa yang lemah, dan Orang tua yang kurang mendukung siswa terutama dalam hal belajar agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 14:27
Last Modified: 18 Sep 2019 14:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item