KLASIFIKASI ILMU PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (KAJIAN KITAB IHYA’ ULUM AL-DIN)

Rohman, Wifaqur (2019) KLASIFIKASI ILMU PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (KAJIAN KITAB IHYA’ ULUM AL-DIN). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23010150003 (Wifaqur Rohman).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rohman, Wifaqur. 2019. Klasifikasi Ilmu Perspektif Imam al-Ghazali (Kajian Kitab Ihya’ Ulum al-Din). Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd. I Kata Kunci: Klasifikasi; Al-Ghazali; dan Ihya’ Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengklasifikasian ilmu perspektif Imam Al-Ghazali melalui karyanya berupa kitab Ihya’ Ulum al-Din, kemudian peneliti berusaha menghubungkan dengan keadaan pendidikan pada masa sekarang.Dengan tujuan akhir yakni mencari tahu apakah pemikiran tersebut masih relevan dengan pendidikan masa sekarang. Penelitian ini termasuk jenis kepustakaan yang mengambil data dari benda mati berupa buku, dengan pendekatan Kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya.Data diambil dari kitab Ihya’ yang merupakan data primer dan dibantu dengan data sekunder berupa buku-buku yang berkaitan dengan data primer.Serta menggunakan teknik Content Analysis dalam menganalisis data yang berdasarkan isi yang terkandung di dalamnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Ghazali mengklasifikasikan Ilmu berdasarkan 4 sudut pandang, seperti yang dikemukakan oleh Zainuddin (1991) yakni 1) berdasarkan sumbernya, 2) berdasarkan fungsi sosial, 3) berdasarkan dimensinya, 4) berdasarkan kewajibannya. Kemudian pemikiran al-Ghazali memiliki beberapa relevansi dengan Pendidikan di Indonesia, diantaranya: 1) relevan dengan tujuan Pendidikan Nasional, 2) dapat dijadikan rujukan perumusan kurikulum pendidikan, 3) relevan dengan Kurikulum 2013, dan keperhatian al-Ghazali terhadap fakta-fakta aktual yang ada, menjadikan pemikirannya selaras dengan isu-isu pendidikan berupa pentingnya pendidikan karakter, pendidikan tentang riba dan pendidikan antikorupsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 19:47
Last Modified: 18 Sep 2019 19:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item