KONSEP ETIKA PELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari dan ‘Umar bin Ahmad Baraja)

Ridlo, Ahmad Alfi (2019) KONSEP ETIKA PELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari dan ‘Umar bin Ahmad Baraja). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ahmad Alfi Ridlo.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ridlo, Ahmad Alfi. 2019. Konsep Etika Pelajar (Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari dan ‘Umar bin Ahmad Baraja). Skripsi, Salatiga: Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Gufron, M.Ag. Kata Kunci: Etika, Pelajar, KH. Hasyim Asy‘ari, ‘Umar bin Ahmad Baraja Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari dan relevansi pemikiran ‘Umar bin Ahmad Baraja tentang konsep etika pelajar dalam konteks kekinian dan untuk mengetahui bagaimana persamaan dan perbedaaan pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari dan ‘Umar bin Ahmad Baraja tentang etika pelajar. Jenis penelitian ini adalah Library Research atau sering juga disebut studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan jalan mengumpulkan data-data yang didapat dari sumber kepustakaan berupa buku, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lain, sehingga dari padanya diperoleh informasi yang jelas mengenai konsep etika pelajar perspektif KH. Hasyim Asy‘ari dan ‘Umar bin Ahmad Baraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika pelajar menurut kedua tokoh tersebut dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu: etika pelajar dalam belajar; etika pelajar terhadap guru; etika pelajar terhadap peralatan belajar; dan etika pelajar terhadap teman. Persamaan keduanya tentang etika pelajar yaitu: memberi salam kepada teman ketika dalam majlis ilmu; berperilaku penuh adab ketika dengan guru; hendaknya selalu mempelajari pelajarannya kembali; hendaknya berbicara dengan penuh adab kepada gurunya; hendaknya mendengarkan guru dengan seksama; hendaknya bersabar atas kekasaran atau hukuman dari guru; hendaknya membantu dengan memotivasi temannya untuk mendapatkan ilmu; membantu teman jika membutuhkan bantuan; tidak boleh sombong di hadapan teman; harus memuliakan teman dengan bicara dengan lemah lembut. Adapun perbedaannya yaitu dalam pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari tentang etika pelajar dalam belajar lebih menekankan pada etika terhadap dirinya sendiri dan etika terhadap pelajaran. Sedangkan menurut ‘Umar bin Ahmad Baraja, etika pelajar dalam belajar lebih menekankan pada etika sebelum pergi ke sekolah, etika di jalan, dan etika di sekolah. Dalam etika terhadap guru dan teman, titik perbedaannya yaitu jika KH. Hasyim Asy‘ari lebih menekankan etika tersebut dalam pesantren sedangkan ‘Umar bin Ahmad Baraja lebih menekankan etika tersebut ketika di sekolah (madrasah). Perbedaan lainnya yaitu dalam etika pelajar terhadap peralatan belajar, KH. Hasyim Asy‘ari lebih menekankan etika terhadap buku sebagai sarana ilmu dan hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan dan penulisan buku. Sedangkan pemikiran ‘Umar bin Ahmad Baraja lebih menekankan pada etika terhadap peralatan belajar pribadinya dan peralatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:52
Last Modified: 15 Mar 2022 14:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item