POLA PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PONDOK PESANTREN NURUL ASNA PULUTAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN 2019

Afandri, Wachid Yoni (2019) POLA PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PONDOK PESANTREN NURUL ASNA PULUTAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi revisi afan fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yoni Afandri, Wachid. 2019. Pola Penerapan Nilai Pendidikan Akhlak pada Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan Sidorejo Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. M. Gufron, M. Ag. Kata Kunci: Pola Penerapan, Nilai Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Pesantren Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola penerapan nilai pendidikan akhlak pada Ponpes Nurul Asna Pulutan Sidorejo Salatiga tahun 2019, bagaimana hambatan dalam penerapan nilai pendidikan akhlak di Ponpes Nurul Asna, dan bagaimana upaya untuk mengatasi hambatam dalam pola penerapan nilai pendidikan akhlak di Ponpes Nurul Asna. Dalam pencapaian tujuan pola penerapan nilai pendidikan akhlak pada Ponpes Nurul Asna tidak mudah dan menghadapi banyak masalah. Oleh karena itu dari pihak Ponpes harus memiliki daya kelola yang baik agar permasalahan yang timbul dapat diatasi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan field research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pola penerapan nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Nurul Asna adalah sebagai berikut ; pola keteladanan, pola pembiasaan, pola menasehati, dan pola pemberian hukuman. Hambatan dalam penerapan tersebut antara lain ; santri yang memiliki mental kurang berani, santri yang kurang memperhatikan ustadz saat mengaji, santri yang berlebihan dalam waktu bermain Handphone. Dengan demikian santri memiliki kendala dalam penerapan nilai pendidikan akhlak. Selain itu faktor lingkungan dalam pergaulan. Dan solusi dalam mengatasinya sebagai berikut ; memotivasi santri, mencontohkan keteladanan kepada para santri baik ucapan ataupun tindakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:53
Last Modified: 19 Sep 2019 09:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item