IMPLEMENTASI METODE RUBAIYAT DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI GRIYA ZAKAT KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG

Masruroh, Ulfa Nurul (2019) IMPLEMENTASI METODE RUBAIYAT DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI GRIYA ZAKAT KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi JILID.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masruroh, Ulfa Nurul, 2019. Implementasi Metode Rubaiyat Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an di Griya Zakat Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci : Metode Rubaiyat dan belajar membaca Al-Qur’an Penelitian ini membahas mengenai pentingnya pendidikan agama, khususnya dalam hal belajar membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Rubaiyat di Griya Zakat kecamatan Suruh kabupaten Semarang, apa saja kendala yang terjadi dalam proses belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Rubaiyat di Griya Zakat kecamatan Suruh kabupaten Semarang, dan Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala yang terjadi dalam proses belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Rubaiyat di Griya Zakat kecamatan Suruh kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh sesuai dengan metode pengumpulan data penelitian kualitatif, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode kualitatif yang digunakan adalah metode fenomenologis, proses penyajian data yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif yaitu dengan menganalisis data menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan fakta yang terjadi selama penelitian, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengatasi masalah buta aksara Al-Qur’an atau buta huruf Al-Qur’an diusia dewasa dan usia lanjut adalah dengan menerapkan metode Rubaiyat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Proses pembelajaran Rubaiyat yang diterapkan di Griya Zakat kecamatan Suruh kabupaten Semarang dilakukan dengan model klasikal. Dalam proses pembelajaran, tentunya tidak lepas dari berbagai permasalahan atau kendala, baik dari pengajar atau peserta didiknya yang terjadi selama pembelajaran dengan metode Rubaiyat, diantaranya adalah waktu, tempat, dan lingkungan. Dalam menangani kendala-kendala tersebut, dilakukan dengan memperbanyak motivasi, sosialisasi terkait dengan belajar Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 11:30
Last Modified: 19 Sep 2019 11:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item