Strategi Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Pada SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2019

Mukhlisun, Ahmad Sulhan (2019) Strategi Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Pada SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Cover Skripsiku runtut.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mukhlisun, Ahmad Sulhan. 2019. Strategi Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Pada SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Gufron, M. Ag. Kata Kunci: strategi pembinaan karakter religius Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pembinaan karakter religius pada SMK Diponegoro Salatiga. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter religius pada SMK Diponegoro Salatiga.. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh peneliti, dan terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan karakter religius yang digunakan di SMK Diponegoro Salatiga adalah Moral Knowing, Moral Loving, Moral Doing. Dalam membina karakter religius, guru mempersiapkan materi yang akan disampaikan kemudian memberikan arahan atau contoh agar peserta didik dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh guru. Faktor pendukung berjalannya pembinaan karakter adalah adanya dukungan dari para guru sertu adanya sarana prasarana yang sangat mendukung dalam proses pembinaan karakter religius. Akan tetapi terdapat faktor penghambat berjalannya proses pembinaan karakter religius yaitu disebabkan kurangnya kerjasama orang tua dengan guru dan peran orang tua yang sangat kurang dalam memperhatikan karakter religius anak. Faktor penghambat ini yang menjadikan tantangan bagi guru dalam proses pembinaan karakter religius di sekolah, dan selalu mengkontrol peserta didik dalam kegiatan yang ada. Harapannya peserta didik dapat mengimplementasikan karakter religius tidak hanya saat berada di sekolah, melainkan juga di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 13:46
Last Modified: 19 Sep 2019 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item