PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIAH MUHAMMADIYAH NGEMBATPADAS KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hermawan, Imam (2019) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIAH MUHAMMADIYAH NGEMBATPADAS KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IMAM HERMAWAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hermawan, Imam. 2019. Pengaruh Intensitas Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta. M.Pd Kata kunci: intensitas belajar, lingkungan sekolah, prestasi belajar Intensitas belajar dan lingkungan sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitianj ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Ngembatpadas. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah nilai intensitas belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas (2) Bagaimanakah nilai lingkungan sekolah MI Muhammadiyah Ngembatpadas (3) Bagaimanakah prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembat padas (4) Adakah pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah (5) Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas (6) Adakah pengaruh intensitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Ngembatpadas Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti. Subjek penelitian sebanyak 25 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk data intensitas belajar dan lingkungan sekolah, dan untuk prestasi belajar diperoleh melalui dokumen nilai rapor semester dua. Untuk informasi lainnya, peneliti menggunakan wawancara (1) Nilai intensitas belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas adalah tinggi (2) Nilai lingkungan sekolah siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas adalah tinggi (3) Prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas adalah sedang (4) Ada pengaruh antara intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Muahmmadiyah Ngembatpadas sebesar 0.408, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. (5) Ada pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa MI Muhammadiyah Ngembatpadas sebesar 0.391. hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan (6) Ada pengaruh anatara intensitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MI Muhammadiyah sebesr 0.437. Hal ini berarti ada kontribusi intensitas belajar dan lingkungan sekolah sebesar 19% terhadap prestasi belajar. Kemudian statistic linear berganda diperoleh Y= 62.36+ 0,257x1 + 0,204x2 konstanta 62,36. Variabel X1 (Intensitas Belajar) sebesar 0,257, tanda b “+” berarti hubungan prestasi belajar dan intensitas belajar adalah positif. Variabel X2 (Lingkungan Sekolah) sebesar 0,204, tanda b”+” berarti hubungan prestasi belajar dengan lingkungan sekolah adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 11:36
Last Modified: 20 Sep 2019 11:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6025

Actions (login required)

View Item View Item