PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SEMANGAT BERIBADAH DENGAN MEYAKINI HARI AKHIR MELALUI STRATEGI VIDEO CRITIC PADA SISWA KELAS XII DI SMA N 1 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurmawati, Inna (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI SEMANGAT BERIBADAH DENGAN MEYAKINI HARI AKHIR MELALUI STRATEGI VIDEO CRITIC PADA SISWA KELAS XII DI SMA N 1 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INNA NURMAWATI (23010150072) PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurmawati, Inna. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir Melalui Strategi Video Critic Pada Siswa Kelas XII di SMA N 1 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar; PAI dan Budi Pekerti; Video Critic. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada siswa kelas XII tahun 2019/2020. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat peserta didik yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah yakni 70. Hal ini memungkinkan karena kurangnya penerapan metode yang tepat dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Strategi Video Critic dapat Meningkatkan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir pada Siswa Kelas XII di SMA N 1 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XII IPA 1 yang berjumlah 34 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui strategi Video Critic dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 55,9 % atau sebanyak 19 siswa dari 34 siswa dengan nilai rata-rata kelas 70. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 70,6 % atau sebanyak 24 siswa dengan nilai rata-rata kelas 71,5. Adapun pada siklus II terdapat 31 siswa atau 91,2% telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,2. Jadi pada pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 14,7 % dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 20,6 %.40,70% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 14.48%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 13:27
Last Modified: 20 Sep 2019 13:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item