PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA KELAS 4 SEMESTER 2 MI YASPI MUNENG KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ningsih, Vivi Dyah (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA KELAS 4 SEMESTER 2 MI YASPI MUNENG KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IKI TUGASMU LO VI.. FIKS final semoga.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Vivi Dyah. 2019. Peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya melalui penerapan metode demonstrasi dengan strategi The Power Of Two pada kelas IV semester II di MI Yaspi Muneng Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Demontrasi, Strategi The Power Of Two. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan metode demonstrasi dengan strategi The Power Of Ttwo dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya pada siswa kelas IV semester II di MI Yaspi Muneng Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2018/2019 ? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Objek penelitian adalah siswa Kelas IV MI Yaspi Muneng Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mencapai ketuntasan yang semula pada pra siklus adalah 10 siswa dengan presentase 33,33% dan siswa yang belum tuntas berjumlah 20 siswa dengan presentase 66,67%, karena KKM untuk mata pelajaran IPA yaitu 70. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 22 siswa atau 73,33 sedangkan yang tidak tuntas 8 siswa atau 26,67% dengan nilai rata-rata 72,66%, kemudian pada siklus II siswa dinyatakan tuntas memenuhi kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran yaitu siswa yang tuntas 29 siswa atau 96,67% sedangkan yang tidak tuntas 1 siswa atau 3, 33% dengan nilai rata-rata 88.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 13:47
Last Modified: 20 Sep 2019 13:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item