Rochmah, Laely (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPS Sub Tema Manusia dan Lingkungan melalui Model Sains Teknologi Masyarakat berbantuan Media Question Card pada Siswa Kelas VA MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
LAELY ROCHMAH.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar IPS yang di karenakan guru masih mengunakan metode lama, pembelajaran didominasi oleh siswa tertentu, dan pembelajaran cenderung membosankan dan kurang efektif. Sehingga minat belajar siswa menurun, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini. Rumusan masalah yang dikaji adalah “apakah penerapan model sains teknologi masyarakat berbantuan media question card dapat meningkatkan hasil belajar IPS sub tema manusia dan lingkungan pada siswa kelas VA MIN Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? Guru menjawab permasalahan tersebut dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa, 14 laki-laki dan 16 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tersebut adalahlembar observasi, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model sains teknologi masyarakat berbantuan media question card dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus hanya 13 (43,33%) siswa yang memenuhi KKM dan 17 siswa belum memenuhi KKM dengan rata-rata kelas 65,86. Pada siklus I rata-rata kelas 74,5 dengan menggunakan model sains teknologi masyarakat dan media question card hasil belajar siswa meningkat menjadi 18 siswa (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (96,66%) dengan rata-rata 77. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,66%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6039 |
Actions (login required)
View Item |