IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN STUDI PADA SMK PANCASILA DUSUN KLUMPIT KELURAHAN BLOTONGAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015

hikmah, khosidatul (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN STUDI PADA SMK PANCASILA DUSUN KLUMPIT KELURAHAN BLOTONGAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Khosidatul Hukmah_11111061.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Pancasila.Pertanyaan utama yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah, (1) Bagaimana konsep manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Pancasila? (2) Bagaimana Implementasi manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Pancasila?(3) Faktor-faktor pendukung dan factor penghambat apakah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen sekolah di SMK Pancasila yang berbasis pesantren? Penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Pendekatan ini untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati di lapangan. Dalam penelitian ini penulis melalukan perencanaan, pelaksanan, pengumpulan data, analisis, penafsiran data dan pada akhirnya penulis melaporkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) konsep manajemen sekolah berbasis pesantren yang di kembangkan di SMK Pancasila merupakan perpaduan antara model sekolah dengan pesantren melalui sistem boarding (asrama) . 2) Implementasi manajemen sekolah berbasis pesantren meliputi manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen personalia, manajemen humas, manajemen keuangan, manajemen sarana prasarana3) faktor pendukung manajemen sekolah berbasis pesantren a) memiliki mendapatkanpengetahuan plus tentang ilmu agama dibanding sekolah-sekolah pada umumnya b) Adanya hubungan yang harmonis seperti kekeluargaan yang baik antara pemilik yayasan, kepala sekolah, dewan guru, dewan ustadz/ustadzah dan semua siswa ataupun santri. Faktor penghambat a) Terlalu banyaknya kegiatan yang mengakibatkan siswa kurang waktu istirahat dan untuk belajar sehingga out put/ hasil belajarnya jauh dari harapan/ tidak maksimal.b) Sarana yang kurang memadai. DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Feb 2016 03:29
Last Modified: 29 Feb 2016 03:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item