PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HIJRAH NABI KE MADINAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) SEMESTER GENAP KELAS VII SMP NU 2 WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROIHANA, ASNA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HIJRAH NABI KE MADINAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) SEMESTER GENAP KELAS VII SMP NU 2 WONOSEGORO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI pdf (Asna Riohana)-min.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Roihana, Asna. 2019. Peningkatan Hasil BelajarPendidikan Agama Islam Materi Hijrah Nabi Ke Madinah Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) Semester Genap Kelas VII Smp Nu 2 Wonosegoro Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Cooperative Learning,Student Teams Achievment Divisions (STAD) Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada peserta didik kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dilatarbelakangi karena masih banyak peserta didik yang nilainya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model Cooperative Learning dengan metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Hijrah Nabi ke Madinah terhadap peserta didik kelas VII di Smp NU 2 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakaan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model Cooperative Learning dengan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat diketahui karena adanya peningkatan di setiap siklusnya. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan presentase ketuntasan 33,3% siklus I yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan presentase ketuntasannya 52,3% dan siklus II yang tuntas sebanyai 19 siswa dengan presentase ketuntasannya 90,5%. Jadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I 19% dan siklus I ke siklus II 38.2%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 19:43
Last Modified: 20 Sep 2019 19:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item