Iswanti, Tri (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Tri Iswati 23040150091 compres.pdf Download (1MB) |
Abstract
Iswati, Tri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam melalui Metode Outdoor Learning pada siswa Kelas III di MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Outdoor Learning Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang masih rendah, ditunjukkan dengan persentase siswa dengan nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas III di MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas III di MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang yang berjumlah 15 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar soal tes lembar pengamatan siswa; dan lembar pengamatan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 26,7%, Siklus I ke Siklus II 6,6% dan Siklus II ke Siklus III 13,4%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 40% siswa tuntas belajar, Siklus I 66,7% tuntas belajar, Siklus II 73,3% siswa tuntas belajar, dan siklus III 86,7% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas 13,3% (2 siswa) dalam Siklus III akan diberikan tutorial, latihan mandiri dan remedial oleh guru diharapkan seluruh siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2019 18:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2019 18:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6055 |
Actions (login required)
View Item |