Pengaruh Menghafal Al-Qur'an Terhadap Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa Semester Genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur'aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019

Pradina, Anis Ayu (2019) Pengaruh Menghafal Al-Qur'an Terhadap Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa Semester Genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur'aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Naskah_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pradina, Anis Ayu. 2019. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Indeks Prestasi (IP) Mahasiswa Semester Genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dra. Ulfah Susilawati, M.Si. Kata Kunci: Menghafal Al Qur’an dan Indeks Prestasi Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah proses menghafal Al-Qur’an mahasiswa semester genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019, (2) mengetahui bagaimanakah indeks prestasi (IP) mahasiswa semester genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019, (3) mengetahui adakah pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap indeks prestasi (IP) mahasiswa semester genap IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 20 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sensus atau Sampling Total. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 25. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas One Sample Kolmogrov Smirnov dan uji linieritas. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) variasi menghafal Al-Qur’an yaitu dalam kondisi tinggi sebanyak 5 mahasiswa (25%), sedang sebanyak 10 mahasiswa (50%), rendah sebanyak 4 mahasiswa (20%), dan sangat rendah sebanyak 1 mahasiswa (5%), (2) indeks Prestasi (IP) mahasiswa IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019 pada umumnya dalam kondisi tinggi sebanyak 1 mahasiswa (5%), sedang sebanyak 7 mahasiswa (35%), rendah sebanyak 9 mahasiswa (45%), dan sangat rendah sebanyak 3 mahasiswa (15%), (3) menghafal Al-Qur’an secara kontinu (istiqomah)berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil evaluasi berupa indeks prestasi (IP) pada mahasiswa IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Kerep, Jombor, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2019. Semakin tinggi proses menghafal Al-Qur’an maka akan semakin tinggi pula indeks prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji regresi yang diperoleh nilai ????????????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? yaitu 9,503 > 4,38 dengan signifikan sebesar 0,006 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,503. Koefisien determinasi (KD) sebesar 34,6% dan selebihnya 65,4% yang lainnya diperkirakan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2019 13:30
Last Modified: 22 Sep 2019 13:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item