Peran Pembina Asrama dalam Menanamkan Nilai - Nilai Religius Melalui kegiatan keagamaan Pada Santri Putri Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran Tahun 2019

Mulyani, Sri (2019) Peran Pembina Asrama dalam Menanamkan Nilai - Nilai Religius Melalui kegiatan keagamaan Pada Santri Putri Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fixs.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mulyani, Sri. 2019. Peran Pembina Asrama dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Santri Putri Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran 2019. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Ulfah Susilowati, M. SI . Kata Kunci: Nilai- Nilai Religius dan Kegiatan Keagamaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pembina Asrama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Santri Putri Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran. Tujuan ini penulis ambil berdasarkan latar belakang santri putri tersebut yang karakternya masih kurang jika dilihat dari perilaku mereka sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa peran pembina dan bagaimana cara pembina asrama dalam menerapkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan terhadap santri putri. (2) Apa saja kegiatan yang terkait dengan peningkatan religiusitas santri. (3) Hambatan apa saja yang dialami. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pembina asrama dan santri putri. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) peran pembina asrama dalam penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan yaitu pembina berperan sebagai orang tua, kakak, teman, dan guru/ ustadzah. Pembinaanya dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu, Melalui metode keteladanan (Uswah Hasanah), Melalui pemebiasaan, Melalui nasihat, dan memberi perhatian, Metode reward dan punishment. (2) berbagai jenis kegiatan keagamaan diantaranya yaitu sholat tahajud, dhuha, sholat berjamaah, kajian kiab, muhadlhoroh, tahsinul qur?an, MABIT, halaqoh tarbawiyah, bacaalma?surat pagi dan sore, baca hadist, dan tahfidzul Qur?an. Semua kegiatan tersebut masuk dalam nilai religius, baik nilai ibadah, nilai ruhul jihad,dan nilai akhlak. (3) Hambatan bagi pembina adalah anak yang sulit diatur dengan latar belakang yang berbeda baik dari orang tua, lingkungan maupun orang lain, maka pembina bertindak tegas bagi siapapun, terutama dalam pemberian hukuman bagi mereka yang menghambat menuju kebaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:46
Last Modified: 23 Sep 2019 07:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item View Item