HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN BLOGSTAF DENGAN HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MAHASISWA IAIN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Fadlilah, Nurul (2015) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN BLOGSTAF DENGAN HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MAHASISWA IAIN SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nurul Fadlilah_11111186.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan yaitu penggunaan media pembelajaran yang bersifat e-learning. Salah satunya ialah blogstaf. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah intensitas penggunaan blogstaf dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI mahasiswa IAIN Salatiga 2) Bagaimanakah hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI mahasiswa IAIN Salatiga 3) Adakah hubungan intensitas penggunaan blogstaf dengan hasil belajar dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI mahasiswa IAIN Salatiga tahun akademik 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui intensitas penggunaan blogstaf, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PAI angakatan 2012. Sampel penelitian ini 20% dari jumlah populasi yaitu 30 mahasiswa yang diambil secara random. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan rumus korelasi product moment. Temuan riset ini adalah: 1) Intensitas penggunaan blogstaf dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI IAIN Salatiga tahun akademik 2014/2015 kategori tinggi sebanyak 9 mahasiswa atau 30%, sedang sebanyak 16 mahasiswa atau 53,33%, dan rendah sebanyak 5 mahasiswa atau 16,67%, 2) Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI IAIN Salatiga tahun akademik 2014/2015 kategori tinggi sebanyak 26 mahasiswa atau 86,67%, sedang sebanyak 4 mahasiswa atau 13,33% dan tidak ada mahasiswa yang berada pada ketegori rendah, 3) ada hubungan positif antara intensitas penggunaan blogstaf dengan prestasi belajar dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI mahasiswa IAIN Salatiga tahun akademik 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung=0,497 lebih besar dari nilai rtabel =0,463 pada taraf signifikasi 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Feb 2016 03:45
Last Modified: 29 Feb 2016 03:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item