Analisis Framing Berita Debat Pemilihan Presiden 2019 Pada Surat Kabar Jawa Pos

FADILAH, IDA (2019) Analisis Framing Berita Debat Pemilihan Presiden 2019 Pada Surat Kabar Jawa Pos. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ida_Fadilah[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fadilah, Ida. 2019. Analisis Framing Berita Debat Pemilihan Presiden 2019 Pada Surat Kabar Jawa Pos. Skripsi. Salatiga : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Drs. H. Bahroni, M.Pd. Kata kunci : Framing, Berita Politik, Jawa Pos Media berkuasa atas pengetahuan publik melalui framing teks dan gambar. Media dan pemilihan Presiden di Indonesia tidak lepas dari narasi besar dimana posisi media yang tidak netral terhadap politik. Seluruh surat kabar termasuk Jawa Pos bersaing untuk memberikan informasi mengenai Pilpres 2019 secara kontinue. Pemberitaan yang dilakukan oleh media nantinya akan berpengaruh besar terhadap opini publik. Penelitian ini membahas tentang: Analisis framing berita debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang dikemas Jawa Pos edisi 18 Januari-14 April 2019 di Surat Kabar Jawa Pos. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan M Gerald Kosicki. Dalam analisis framing model ini memiliki empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan empat struktur analisis tersebut, maka dari lima berita debat Pilpres 2019 di surat kabar Jawa Pos edisi 18 Januari-14 April 2019 adalah Jawa Pos memiliki dua sikap, netral dan memihak ke paslon 01, Jokowi-Ma?ruf. Dilihat dari struktur sintaksis, Jawa Pos dalam memuat judul dan lead berita didasarkan atas latar informasi dalam debat tersebut. Struktur skrip, Jawa Pos tidak begitu menonjolkan unsur berita, namun jelas dalam mengemas berita mengandung unsur 5W+1H. Dalam struktur tematik, Jawa Pos selalu menyajikan subjudul untuk menjelaskan isi berita sehingga lebih mudah dipahami. Koherensi yang terdapat dalam berita ini juga sangat beragam, sehingga memperjelas maksud dari setiap berita. Dalam struktur retoris, Jawa Pos menggunakan gambar di setiap berita berupa foto maupun grafis pendukung seperti tabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 12:24
Last Modified: 23 Sep 2019 12:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item