Ulafatunnisa, Siti (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MERINCI UNGKAPAN, AJAKAN, PERINTAH, PENOLAKAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TEKNIK CATAT KATA KUNCI PADA SISWA KELAS II MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI ULAFATUNNISA.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Ulafatunnisa, Siti. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Merinci Ungkapan, Ajakan, Perintah, Penolakan Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Teknik Catat Kata Kunci Pada Siswa Kelas II MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), teknik catat kata kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik catat kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan siswa kelas II MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Miftahul Huda Lopait. Dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 siswa laiki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik catat kata kunci dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan siswa kelas II MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 35% dan Siklus I ke Siklus II 30%. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Dari 20 siswa, pada pra siklus terdapat 5 siswa (25%) yang tuntas belajar, 15 siswa (75%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 12 siswa (60%) yang tuntas belajar, 8 siswa (40%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 18 siswa (90%) yang tuntas belajar, 2 siswa (10%) tidak tuntas belajar. Siswa yang tidak tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 14:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 14:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6119 |
Actions (login required)
View Item |